Tutorial OpenCV untuk Unity (Bagian 2 – Pengaturan Project pada Visual Studio)

Setelah instalasi OpenCV pada tutorial sebelumnya telah berhasil, sekarang saatnya membuat project pada C++. Langkah di bawah ini dapat digunakan untuk seluruh project OpenCV, bukan hanya untuk Unity.

  1. Buatlah project C++ baru pada Visual Studio. Pilihlah “Empty Project”. Pada percobaan ini menggunakan Visual Studio 2015.
  2. Tambahkan .cpp pada project. Pada langkah ini tidak perlu dilakukan penambahan kode pada .cpp yang baru saja dibuat. Hal ini dilakukan hanya untuk mendapatkan seluruh properti dari project.
  3. Pada jendela bagian atas, ubah platform menjadi x64. Pada percobaan ini menggunakan 64 bit dan pada tutorial kompilasi library OpenCV sebelumnya menggunakan 64 bit.
  4. Buka “Project Properties” dan ubah Configuration menjadi All Configurations sehingga baik Release maupun Debug akan diubah bersamaan. Ubah “Target Extension” menjadi .dll, dan “Configuration Type” menjadi Dynamic Library (.dll). Kita membutuhkan .dll untuk dimasukkan ke project Unity.
  5. Pada menu C/C++ > General, tambahkan $(OPENCV_DIR)\include pada bagian “Additional Include Directories”. Jika Anda periksa kembali pada tutorial sebelumnya, Anda mendefinisikan OPENCV_DIR sebagai variabel system yang mengarah ke direktori di mana Anda telah menyalin .dll, .lib, dan .hpp dari OpenCV.
  6. Pada menu Linker > General, ubah bagian “Additional Library Directories” menjadi $(OPENCV_DIR)\lib\Debug dan $(OPENCV_DIR)\lib\Release untuk masing-masing konfigurasi Debug dan Release. Anda telah membuat versi Debug dan Release pada tutorial sebelumnya.
  7. Langkah akhir, pada menu Linker > Input, ubah bagian “Additional Dependencies”. Untuk konfigurasi Debug, tambahkan opencv_core331d.lib dan opencv_highgui331d.lib. Perhatikan bahwa “d” pada akhir nama file menandakan versi debug, sedangkan “331″ merupakan versi OpenCV yang digunakan. Untuk konfigurasi Release silakan tambahkan file yang sama namun huruf “d” pada nama file dihapus.

Untuk menguji apakah seluruh langkah sudah benar, tambahkan dua baris perintah di bawah ini pada file .cpp yang telah dibuat pada langkah 2.

#include <opencv2\core.hpp>
#include <opencv2\highgui.hpp>

Build (Ctrl+Shift+B) project untuk konfigurasi Debug dan Release. Jika terdapat error, coba periksa kembali langkah-langkahnya termasuk direktori yang digunakan pada tutorial pertama. Pastikan seluruh file dan folder yang dibutuhkan sudah sesuai.
Jika kedua konfigurasi berhasil di-build, maka SELAMAT!!! Anda telah berhasil mengatur project untuk langkah berikutnya, yaitu menggunakan OpenCV di Unity.

Sumber: Thomas Mountainborn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>