Tutorial OpenCV untuk Unity (Bagian 1 – Instalasi OpenCV)

Langkah yang harus dilakukan adalah :

  1. Unduh OpenCV. Pada percobaan ini menggunakan OpenCV-3.3.1 (23-11-2017).
  2. Jalankan opencv-3.3.1-vc14.exe dan ekstrak file pada lokasi tertentu. Misal disimpan di C:\OpenCV-3.3.1.
  3. Unduh CMake. CMake digunakan untuk me-build OpenCV. Pada percobaan ini menggunakan CMake-3.10.0-win64-x64.
  4. Jalankan cmake-gui.exe. Klik tombol “Browse Source” dan arahkan ke direktori dimana Anda mengekstrak OpenCV pada langkah 2. Pada direktori tersebut pilih \opencv\sources sebagai folder sumber untuk CMake. Pada percobaan ini dipilih C:\OpenCV-3.3.1\opencv\sources.
  5. Pilih lokasi sementara sebagai direktori build untuk CMake dengan klik tombol “Browse Build”. Pada percobaan ini menggunakan C:\OpenCVInstall.
  6. Setelah dua path sudah diatur, tekan tombol “Configure”. Pilih Visual Studio yang Anda gunakan sebagai generatornya (pada percobaan ini menggunakan Visual Studio 14 2015 Win64). Jika CMake selesai, Anda akan melihat item yang berwarna merah. Silakan dilewati, biarkan tetap menggunakan pengaturan default-nya.
    CMake-Configure
  7. Klik tombol “Generate”.
  8. Silakan buka OpenCV.sln sesuai dengan direktori pada langkah 5. Jika Anda menggunakan Visual Studio 2015 pertama kali, maka Anda mungkin tidak dapat membuka solution tersebut. Dikarenakan sejak Visual Studio 2015 secara default tidak memasukkan C++. Install-ah terlebih dahulu component C++ melalui File > New > Project > C++.
  9. Build Solution (Ctrl+Shift+B) baik Debug maupun Release versi x64 dari OpenCV. Proses build akan membutuhkan waktu cukup lama hingga status “Build succeded” muncul di bawah jendela dan kembali lagi menjadi “Ready”.
  10. Buat direktori baru untuk menyimpan file OpenCV secara permanen. Pada percobaan ini disimpan di C:\OpenCV\OpenCV-3.3.1.
  11. Pada direktori hasil build langkah 5, Anda sekarang memiliki folder bin dan lib. Salin kedua folder tersebut ke direktori yang baru saja dibuat pada langkah 10.
  12. Pada folder ekstrak OpenCV langkah 2, arahkan ke opencv/build dan salin folder include ke direktori akhir langkah 10. Sehingga saat ini Anda akan memiliki C:\OpenCV\OpenCV-3.3.1\bin, C:\OpenCV\OpenCV-3.3.1\lib, dan C:\OpenCV\OpenCV-3.3.1\include.
  13. Setelah langkah 12 Anda lakukan, Anda dapat menghapus seluruh folder hasil ekstrak (langkah 2) dan folder build (langkah 5).
  14. Tambahkan direktori OpenCV ke Windows Path System Variable (digunakan untuk melihat file dll agar Anda tidak perlu menyalin dll pada setiap project OpenCV). Buka Control Panel > System > Advanced system settings > Advanced > Environment Variables….
    Environment Variables
  15. Pada “System variables”, tambahkan variabel baru dengan nama OPENCV_DIR, dan isi nilainya sesuai dengan path pada langkah 10.
  16. Langkah terakhir, pada “User variables” carilah variabel Path lalu tekan Edit. Tambahkan %OPENCV_DIR%\bin di akhir nilai.

Sumber: Thomas Mountainborn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>